Sunday, August 24, 2008

Orang-Orang Sukses Pandai Mengatasi Kegagalan

Faktor yang paling penting untuk menentukan keberhasilan seseorang adalah terletak pada cara orang tersebut mengatasi kegagalannya. Untuk berhasil perlu dipelajari tekhnik cara mengatasi sesuatu masalah dan terus berusahan untuk maju dan berkembang. Karena kalau tidak, maka kegagalan itu sendiri akan semakin sulit untuk diatasi.

Berikut ini adalah cara-cara untuk mengatasi kegagalan:
1. Kenali lebih dahulu penyebab dari kegagalan tersebut.
2. Belajarlah dari kegagalan tersebut dengan mempelajari penyebabnya.
3. Anda perlu mengenali kelemahan Anda untuk segera mengubah sikap dan cara Anda yang mungkin menjadi penyebab kegagalan tersebut.
4. Ubahlah cara kerja Anda dan sesuaikan dengan kebutuhan. Jangan terus mengulangi kesalahan yang sama, tatapi mengharapkan hal yang berbeda.
5. Kembalilah pada tujuan semula, yaitu mewujudkan apa yang Anda kejar.

Berikut ini saya berikan sebuah contoh bagaimana proses untuk mengatasi kegagalan. Contoh ini saya ambil dari pengalaman pribadi ketika baru memulai salahsatu dari bisnis keluarga yang kami geluti. Saya kebetulan pernah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan dan jasa. Tugas kami waktu itu adalah membantu perusahaan-perusahaan tersebut untuk memperluas pasar dan jangkuan target market dan membawa beberapa calon cutomer yang tertarget ke website mereka.
Sayang, bisnis yang kami jalani tersebut tidak begitu mulus dan jauh dari harapan. Jumlah customer yang tertarget yang diperoleh pun juga sangat sedikit, bahkan boleh dikatakan hampir tidak ada. Kami waktu itu merasa gagal dan tidak ingin meneruskan usahanya.
Disaat-saat itulah, seorang kenalan mengirimkan email dan menceritakan bagaimana lembaga pendidikan bisnis yang ia buka di indonesia telah banyak membantu para UKM, Wiraswasta, maupun para individu untuk memiliki usaha sendiri, dan juga mampu untuk memperluas jangkauan dan terget pasar mereka. Setelah ngobrol2 dengan kenalan lama tersebut via email, saya kemudian mencoba menyusun ulang dan menganalisa kenapa bisnis yang kami lagi rintis tersebut belum berhasil. Berikut ini adalah langkah-langkah yang kami ambil:
1. Setelah berpikir dan mencari tahu ke beberapa sumber dan referensi, kemudian kami dapati yang menjadi penyebab kegagalan dari usaha kami tersebut adalah karena belum adanya sistem yang benar. Selama ini kami menjalankan serampangan dan tidak profesional, yang mengakibatkan calon customer tersebut sulit untuk didekati, bahkan kebanyakan dari mereka malah membenci cara-cara yang kami lakukan.
2. Setelah mengetahui penyebab utamanya, kami kemudian sangat berhati-hati dan mencoba untuk belajar dari pengalaman tersebut dan berusaha untuk memperbaiki sistem dan pola kerja yang kami lakukan.
3. Saya juga mempelajari apa sih kekurangan dan sikap yang ada dari diri saya yang menjadi penyebab kegagalan tersebut? Dan saya temukan bahwa pengetahuan akan dunia usaha yang saya geluti tersebut masih sangat kurang, karena selama ini saya memang hanya melakukan apa yang dikatakan oleh hati dan pikiran saya sendiri, dan tidak dilengkapi dengan pengalaman dan sumber yang tepat.
4. Kami kemudian mengikuti training yang diadakan oleh kenalan yang saya ceritakan diatas, dan membuat sistem kerja dan administrasi yang lebih baik sesuai dengan apa yang diajarkan di tempat training.
5. Berkat bimbingan selama mengikuti training, kami-pun fokus pada tujuan semula menjalankan bisnis tersebut, dan setiap harinya terus mengalami perkembangan. Walaupun belum sepenuhnya sesuai dengan harapan, tapi secara berlahan target dan tujuan kami semakin mendekati.

Bagaimana dengan Anda? Apabila punya pengalaman bagaimana cara Anda mengatasi kegagalan yang pernah anda alami, silahkan di sharing disini.

Dikutip dari:
http://www.acepsudrazat.com/blogkeluarga/masalah-karir/sumber-inspirasi/orang-orang-sukses-pandai-mengatasi-kegagalan.html

0 comments:

Post a Comment

Recent Comments